Indonesia Jentera School of Law

 

Indonesia Jentera School of Law (IJSL) adalah sekolah dan lembaga pelatihan hukum yang didirikan pada 2010 oleh Pusat Studi Hukum dan Kebijakan (PSHK), suatu organisasi nonprofit yang memfokuskan diri pada pembaruan hukum melalui studi atau penelitian dan advokasi hukum. Maka itu, PSHK berbekal pengetahuan, hasil penelitian, database, jaringan, pengalaman, serta niat mendorong tradisi baru pendidikan hukum yang telah terhimpun selama 15 tahun terakhir. Dengan bekal itu, PSHK menyadari bahwa pendidikan hukum yang berkualitas merupakan salah satu kunci untuk transformasi Indonesia baru yang demokratis, berkeadilan, dan sejahtera dengan hukum sebagai medium penggeraknya. Ide itu disambut antusias oleh berbagai kalangan yang memberi perhatian terhadap dinamika dunia hukum. Pihak-pihak yang berkomitmen untuk bergabung membangun sekolah ini adalah Marsilam Simanjuntak, Mardjono Reksodipoetro, Erman Rajaguguk, Arief T. Surowidjojo, Ahmad Fikri Assegaf, dan Ery Riyana Hardjapamekas.

Indonesia Jentera School of Law bercita-cita menciptakan lingkungan dan budaya akademis yang membangkitkan dan menantang siswa, juga pengajar. Dengan demikian, mereka selalu mengembangkan ilmu yang didapat serta berkreasi dan berkontribusi pada dunia hukum Indonesia, serta melakukannya sebagai warga dunia. Maka itu, lulusan yang diharapkan adalah lulusan yang mampu menggulirkan pembaruan hukum yang dinamis di ruang-ruang kerjanya, di jejaring profesinya, seiring tantangan zaman yang terus-menerus berubah.

Demi mencapai hal tersebut, para mahasiswa akan mengalami proses belajar-refleksi dengan metode yang progresif, juga belajar-klinis langsung di tempat-tempat praktik yang telah tersedia. Pilihan yang dimaksud, seperti meneliti di PSHK, melakukan advokasi kebijakan di Lembaga Kajian dan Advokasi untuk Independensi Peradilan (LeIP), melakukan praktik jurnalistik di hukumonline, membantu pelayanan hukum di Pusat Bantuan Hukum, dan menerapkan ilmu di firma-firma hukum ataupun badan-badan korporasi yang terdepan integritasnya.

Sebagai langkah awal, sekolah ini telah melakukan berbagai pelatihan atau kursus kepada legislator, advokat, dan in-house counsels—baik dari institusi pemerintah maupun swasta, firma hukum, aktivis sosial, dosen, pun mahasiswa. Pelatihan atau kursus yang diadakan terkait dengan berbagai subjek dan bidang konsentrasi yang aktual serta perlu direnung-ulang. Pada saat yang bersamaan, proses pengajuan perizinan untuk pengelolaan pendidikan jenjang S1 juga sedang berlangsung untuk memperluas jangkauan peserta belajar.

Ringkasnya, Indonesia Jentera School of Law dimaksudkan menjadi ruang bertemu yang inspiratif untuk berbagi pengetahuan, ide, gagasan, dan pengalaman antara mahasiswa, akademisi, komunitas hukum, dan juga komunitas lain, baik yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan bidang hukum. Indonesia Jentera School of Law percaya bahwa dalam arus dunia yang bergerak cepat ini, tuntutan dan tantangan untuk berkolaborasi dan berkontribusi untuk kemaslahatan negeri menjadi semakin tinggi. Sekolah ini mengundang siapa pun yang percaya pada hal yang serupa untuk bersama-sama menyambutnya dengan suka cita.

 

Jadwal Kegiatan

Drafting Commercial Contracts in English Batch IV

Lihat Jadwal

Tailor Made Training untuk Danone: Penyusunan Aturan dan Kalimat Efektif

Pada 22—23 Mei 2014, IJSL menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan Aturan dan Kalimat Efektif di Klub Kelapa Gading, Jakarta Utara. Diadakan… Lihat Jadwal

Galeri Video

Follow us



Alamat

Indonesia Jentera School of Law
Puri Imperium Office Plaza. Upper Ground Floor Unit 15 Jl. Kuningan Madya Kav 5-6, Kuningan, Jakarta 12980 Ph.021 8370 1809 Fax. 021 8370 1810

Tautan